Rabu, 06 November 2013

Mengaplikasikan Olahraga Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Seperti yang telah kita ketahui, olahraga adalah suatu bentuk gerakan yang dapat menyehatkan tubuh. Olahraga merupakan bentuk aktivitas yang sering dilakukan. Dengan berolahraga, maka kesehatan fisik dan jasmani akan terbentuk dengan baik.

Karakteristik Olahraga di Setiap Negara

Setiap negara memiliki karakteristik olahraga masing-masing. Negara matahari terbit terkenal dengan olahraga Sumo. Olahraga pun mulai diperlombakan untuk menjalin persahabatan antar negara. Hal ini membuat keanekaragaman olahraga dapat ditiru atau dilakukan masyarakat yang tidak berprofesi sebagai atlet.


Manfaat yang Diperoleh dari Olahraga

Bagaimanapun bentuk olahraga itu, tentu memiliki manfaat. Manfaat yang didapat dari berolahraga adalah tubuh menjadi bugar. Bugar tidak hanya dalam segi fisik, pikiran pun akan menjadi bugar karena dapat menghilangkan stres. Selain itu, berolahraga dapat menghilangkan penyakit.

Untuk mendapatkan manfaat dari olahraga, Dinas Pendidikan Indonesia menambahkan kurikulum Penjaskes dalam mata pelajaran di sekolah. Penjaskes merupakan kepanjangan dari Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Dalam satu minggu, setidaknya ada satu kali pelajaran Penjaskes. Dengan penerapan pelajaran ini diharapkan siswa selalu dalam keadaan bugar dan memahami pentingnya olahraga bagi kehidupan.

Olahraga memiliki beberapa tipe, yaitu olahraga modern dan olahraga tradisional. Kedua tipe olahraga ini sama-sama bertujuan untuk menyehatkan jiwa dan raga. Perbedaannya adalah olahraga modern lebih dikenal oleh masyarakat.

Olahraga modern adalah olahraga yang ada pada masa kini. Olahraga ini banyak dipertandingkan dalam beberapa acara. Contoh olahraga modern adalah golf, polo air, menembak, loncat indah, gulat, hoki, balap sepeda, balapan motor, memanah, dan paralayang.

Sedangkan olahraga tradisional adalah olahraga yang masih asli dan kurang terkenal. Olahraga tipe ini berasal dari tiap-tiap daerah suatu negara sehingga olahraga ini hanya terkenal di daerahnya saja. Di Indonesia, contoh olahraga tradisional adalah balap karung, egrang, karapan sapi, galah asin, dan pencak silat.

Olahraga tradisional yang terbilang ekstrim di Indonesia adalah lompat batu. Olahraga ini berasal dari pulau Nias. Untuk melakukan olahraga ini, seseorang harus berlari dulu pada jarak beberapa meter menuju batu besar yang ada di depannya. Ukuran batu sangatlah besar dan tinggi. Butuh kejelian dan kecermatan untuk melakukan olahraga ekstrim ini

1 komentar: